Ternyata Akibat Kurang Tidur Dapat Memperpendek Usia! Benarkah?

April 22, 2017

akibat kurang tidur malam

Terkadang sibuk pekerjaan, tugas yang banyak atau sibuk main game memaksa kita untuk tidur lebih larut bahkan tidak tidur sama sekali hingga pagi. Ya! terutama bagi teman-teman mahasiswa akhir akan lebih sering begadang seperti saya, akibatnya kita sering tertidur saat jam kuliah. Untuk membuat kita lebih segar dan tidak ngantuk pada saat melakukan aktivitas paling tidak kita harus tidur minimal 8 jam sehari karena tidur kurang dari 6 jam sehari dapat membuat darah dalam tubuh kita mempunyai reaksi kandungan 0,1% alkohol yang membuat kita sama seperti orang mabuk.

Sebenarnya bukan tanpa dasar sih, memang dalam ilmu kesehatan, akibatya akan berpengaruh pada kesehatan, Orang yang tidur 8 jam sehari cenderung akan memiliki harapan hidup yang lebih tinggi, sedangkan orang yang tidur kurang dari 8 jam sehari akan mengalami berbagai macam gangguan seperti kurang darah, obesitas, depresi, bahkan kerusakan otak, nah itulah yang dapat meningkatkan resiko kematian sebesar 12%. Sedangkan orang yang tidur lebih dari 8 jam sehari juga akan mengalami gangguan peredaran darah dan diabetes yang akan meningkatkan resiko kematian sebanyak 30%.




Nah, bagaimana coba jika kita berhenti tidur?, rekor yang tercatat orang yang tidak pernah tidur selama 11 hari adalah Randy Gardner yang memecahkan rekor pada tahun 1964. Ketika hari pertama tidak tidur, otak akan menyuruh tubuh untuk memberikan energi tambahan, motivasi, bahkan memunculkan hasrat sexual, walaupun terasa menyenangkan perlahan otak mematikan kemampuan merencanakan sesuatu dan kemampuan untuk memilih, yang berarti kita melakukan sesuatu tanpa befikir panjang selain itu, reflek akan menurun dan kemampuan berfikir akan menurun.

Setelah 2 hari tidak tidur tubuh akan kesulitan mengolah glukosa dan sistem imun tidak akan bekerja maksimal, namun yang terpenting adalah ketika tidak tidur, akibat kurang tidur bagi wajah, kita akan terlihat gembel, loyo, lemas, suram dan segala macam wajah jelek akan nempel di wajah, nah makanya bagi yang jomblo gak usah begadang yaa!


Sumber: AyoMikir

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔